cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26205807     EISSN : 26207184     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah secara khusus dan pendidikan anak umumnya. dengan nomor ISSN: 2620-5807, Artikel yang diterima diutamakan penelitian lapangan kuantitatif atau kualitatif. Penelitian literatur akan dipertimbangkan diterima berdasarkan keluasan dan kedalaman kajian. P-ISSN:2620-5807 E-ISSN:2620-7184
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)" : 40 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Course Review Horay Pada Sekolah Dasar Haikal Gion Zikri; Rizki Ananda; Yanti Yandri Kusuma
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1443

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar muatan IPA siswa kelas IV SDN 018 Bukit Sembilan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 018 Bukit Sembilan . Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 23 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model course review horay. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan kedua siklus I keterampilan berbicara siswa hanya 69,00 atau tergolong kurang baik, dengan ketuntasan klasikal 47,83% dengan kategori sangat kurang, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke II maka lebih meningkat pada pertemuan kedua mencapai 80, 52 atau tergolong baik dengan ketuntasan klasikal 82, 60% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila dilakukan model pembelajaran course review horay maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 018 Bukit Sembilan.Kata kunci : Hasil Belajar, Course Review Horay.  
Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Treasure Hunt Siswa Sekolah Dasar Wisnu Ade Setiawan; Yanti Yandri Kusuma; Melvi Lesmana Alim
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1447

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan kerjasama siswa pada materi keberagamanku di kelas IV SDN 005 Langgini. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Treasure Hunt. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada materi keberagaman dengan menerapkan model pembelajaran Treasure Hunt. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui peningkatakan hasil keterampilan kerjasama siswa setelah tindakan, rata-rata ketuntasan hasil kerjasama Pada kegiatan pra tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 48%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 1 menjadi 65,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56%, meningkat pada siklus 1 pertemuan 2 menjadi 72,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64%. Nilai rata-rata kelas pada siklus 2 pertemuan 1 yaitu 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76%., dan meningkat pada siklus 2 pertemuan 2 yaitu sebesar 82,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84%. Maka dapat disimpulkan penerapan model treasure Hunt dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas IV SDN 005 Langgini.Kata Kunci : Keterampilan Kerjasama Siswa, Model Treasure Hunt
Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar Nur Andini; Yenni Fitra Surya; Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1451

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model circuit learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan model circuit learning pada siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Adapun hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sebelum tindakan 59,56. Siklus I pertemuan I 65,68 dan siklus I pertemuan II 70,91 meningkat hingga pada siklus II pertemuan I menjadi 74,09 dan siklus II pertemuan II menjadi 76,36. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal dari sebelum tindakan 30,4%, siklus I pertemuan I 45,5% dan siklus I pertemuan II 54,5% dan meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 68,2%, dan siklus II pertemuan II 81,8%.Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi dan circuit learning.
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menggunakan Model Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) Di Sekolah Dasar Rafinur Fauzan Asbar; Rusdial Marta; Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1452

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa saat kegiatan pembelajaran di kelas V SDN 004 Salo kabupaten kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model somatic auditory visual intellectual (SAVI) dalam pembelajaran kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang, dengan siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 13 orang siswa. Adapaun teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Hasil obsevasi penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa pada siklus I pertemuan I terdapat 8 orang siswa yang tuntas (38%) dan siklus I pertemuan II terdapat 10 orang siswa yang tuntas (52,3%). pada siklus II mengalami peningkatan, pertemuan I terdapat 16 orang siswa yang tuntas (76%) dan siklus II pertemuan II terdapat 19 orang siswa yang tuntas (90,4%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model somatic auditory visual intellectual (SAVI) dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 004 Salo.Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI), Sekolah dasar 
Preparing Bilingual NinDigging up EFL Teacher’s Instructional Strategies to Create Sustainable Communicative Language Teaching (CLT) Environment Noviani Nurjannah; Gin Gin Gustine; Ahmad Bukhori Muslim
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1341

Abstract

Pervasive power of English communication has led several reforms in education system for nations all over the world, no exception Indonesia. The reforms cover the integration of English communication skill as life skill into curriculum which familiarly has been introduced as twenty century skills called as 4Cs skills integration. This study revealed the EFL teacher’s instructional strategies in creating communicative teaching and learning by using conceptual framework of Communicative Language Teaching (CLT). Case study qualitative research design is employed to answer research questions. The respondents are bilingual ninth grade teacher and school pricipal. To collect data, this study uses semi structured interview, observation and document analysis. The interview was aimed at knowing the EFL teacher’s instructional strategies in creating communicative teaching and learning environment. The collected data were then supported by observation and document analysis. The result of this study revealed that EFL teacher uses several instructional strategies to create communicative teaching and learning environment including role play, games, map-reading, surveys, presentation and the other kinds of classroom activities.
Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Kepedulian Sosial Di Masyarakat Anak Sekolah Dasar Nada Qumala Arnum; Nur Hidayat
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1468

Abstract

Abstrak Penanaman kepedulian sosial anak sekolah sangatlah mudah dan akan terlaksanakan dengan baik jika dilakukan pembiasaan setiap hari dan di bantu oleh orang tuanya. Karena pada saat sekarang banyaknya anak sekolah dasar yang kurang memiliki rasa kepedulian sosial di lingkungan masyarakat,misalnnya menertawakan teman yang jatuh, kurang partisipasinya dalam kegiatan gotong royong karena sibuk dengan HPnya. Tujuan dari penelitian ini agar dapat menggungkapkan bagaimana upaya orang tua dalam menanamkan sikap kepedulian sosial di masyarakat anak sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di jalan Lolo Gunung Sarik Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan 3 sampel orang tua anak sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka hasil peneliti temukan dalam upaya orang tua menanamkan sikap peduli sosial adalah yang pertama menjenguk orang sakit, kedua membatu orang lain dengan membiasakan hidup berbagi, ketiga mengikuti gotong royong yang diadakan di masyarakat dan menyingkirkan rintangan dijalan
Peningkatan Keterampilan Menyimak Menggunakan Model Cooperative Tipe Script Pada Siswa Sekolah Dasar Shinta Putri Viska; Yenni Fitra Surya; Iis Aprinawati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan melalui penerapan model cooperative script kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Langgini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak siswa dalam proses pembelajaran teman di kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 10 orang siswa kelas III SDN 012 Langgini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tekik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa hanya mencapai sebesar 30% dan berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan model cooperative script pada siklus I pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 40% dan berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus I pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 60% dan berada pada kategori cukup . Pada siklus II pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 80% dan berada pada kategori baik sedangkan pada siklus II pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan menyimak siswa meningkat mencapai 90% dan berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III SDN 012 Langgini.Kata Kunci : Model Cooperative Script, Kemampuan Menyimak 
Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Amardi Hasbi; Iis Aprinawati; Mufarizuddin Mufarizuddin
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1454

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berfikir kritis siswa dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 008 Langgini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa kelas V SDN 008 Langgini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa kelas V SDN 008 Langgini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tekik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model think talk write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil tes kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) mulai dari sebelum tindakan presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa hanya mencapai sebesar 39,14% dan berada pada kategori kurang kritis. Kemudian setelah menerapkan model Think Talk Write (TTW) pada siklus I pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 47,82% dan berada pada kategori kurang kritis sedangkan pada siklus I pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 60,86% dan berada pada kategori kurang kritis. Pada siklus II pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 69,56% dan berada pada kategori kurang kritis. Sedangkan pada siklus II pertemuan II presentase ketuntasan keterampilan berfikir kritis siswa meningkat mencapai 86,95% dan berada pada kategori kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada siswa kelas V SDN 008 Langgini. Kata Kunci : Keterampilan Berfikir Kritis dan Model Think Talk Write (TTW)
Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Papan Pengurangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Alivia Ramadhani; Rizki Ananda; Yenni Fitra Surya
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas II MI Baitul Haq Bumi Mulya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil kemampuan berhitung peserta didik kelas II MI Baitul Haq Bumi Mulya pada pratindakan nilai rata-rata 54,11 dengan persentase ketuntasan belajar 35%. Pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata 61,76 dengan persentase ketuntasan belajar 41% dan pada siklus 1 Pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 63,23 dengan persentase ketuntasan belajar 53%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan nilai rata-rata 76,47 dengan persentase ketuntasan belajar 71%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata 86,76 dengan persentase ketuntasan belajar 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode snowball throwing berbantuan media papan pengurangan dapat meningkatkan kemamampuan berhitung peserta didik kelas II MI Baitul Haq Bumi Mulya. Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Media Papan Pengurangan, Kemampuan Berhitung
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dengan Media Pembelajaran Lectora Inspire Muhammad `Izza Mahendra Anharuddin; Andi Prastowo
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i1.1467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik dalam bentuk media pembelajaran berbasis lektora inspire di sub-tema Gemar Berolahraga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Alawiyah Tahun Akademik 2021-2022. Kelayakan produk ini didasarkan pada tingkat validitas bahan ajar tematik berbasis inspirasi lectora, respons pengguna terhadap lectora menginspirasi bahan ajar berbasis tematik dan pemahaman siswa setelah menggunakan bahan ajar tematik berbasis tematik menginspirasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, angket dan angket respons siswa, lembar tes pemahaman siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) skor rata-rata validasi tim ahli diperoleh dengan persentase 94,33 yang termasuk dalam kategori “sangat layak” (2) skor rata-rata siswa tanggapan dengan persentase 94 termasuk dalam kategori “sangat layak” (3) skor rata-rata post test 88 yang telah mencapai nilai KKM dalam kategori “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berupa lectora media pembelajaran berbasis inspirasi cocok untuk digunakan dalam subtema gemar berolahraga di kelas I dan dapat memberikan pemahaman kepada siswa kelas 1 terutama pada pembelajaran tematik.

Page 1 of 4 | Total Record : 40